Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Apa aja sih dampak positif dan negatif dari tes psikologi online ?

Dampak Positif dan Negatif  Tes psikologi online


Pada zaman sekarang banyak kita temukan tes - tes psikologi yang meluas di dunia online, adapula dampak positif dan negatifnya,sbb :

       Positif :

- Dapat dilakukan dirumah bahkan dimana saja kapan saja dengan menggunakan internet

- Efisien dan efektif. Dapat mempermudah pekerjaan psikolog dalam menskoring hasil tes dengan adanya software untuk skoring hasil tes yang bersangkutan dan hemat waktu (dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat).

- Bisa mencoba-coba beberapa kali tes tersebut atau tes yang lain nya.

- Dapat melakukan tes psikologi secara klasikal dengan software khusus alat tes psikologi yang biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu.

- Dapat menerima surat lamaran/curriculum vitae (CV) dengan adanya email.

- hasil tesnya pun langsung dapat diketahui tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama

       Negatif :

- Kerahasiaan alat tes semakin terancam.

- Program tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor.

- Banyaknya informasi yang diterima sering kali membuat kita kesulitan dalam memilah prioritas dan menentukan kebenaran informasi tersebut. Bahkan tidak jarang orang percaya begitu saja terhadap informasi yang diterimanya, tanpa terlebih dahulu menyelidiki kebenaran dari informasi yang dia terima (Dewin, 2010).

- Alat tes psikologi yang dibuat simulasinya hanyalah berdasarkan indikasi-indikasi yang sudah ditetapkan sesuai apa yang sudah diprogramkan tanpa melihat aspek-aspek sperti observasi, wawancara dan hal-hal lain yang mendukung data tersebut menjadi valid. Hal tersebut dapat mempengaruhi orang-orang yang berprofesi sebagai tester (yang melakukan pemeriksaan psikologis / alat- alat tes psikologi) karena lapangan pekerjaan mereka dapat diambil alih oleh mesin-mesin yang diprogramkan untuk dapat melakukan tes-tes psikologi secara online, karena penyajiannya secara cepat dan langsung dapat diketahui hasilnya walaupun hasilnya kurang valid.

Sedihnya gini nih psikologi, tes psikologi aja udah tersebar luas cheat / bocoran. padahal tes psikologi bukan mengenai benar atau salah mlainkan melihat kecocokan individu dengan jabatan di organisasi / perusahaan tersebut. thx. caww..

http://noviandriani123.blogspot.com/2012/11/tes-psikologi-online-dampak-positif.html
http://adistinatalia31.blogspot.com/2012/11/dampak-positif-dan-negati-tes-psikologi.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar